barudengar
455786521236488
Loading...

Kota Tua Akan Dibenahi Menyeluruh

BaruDengar.blogspot.com - Jakarta ,Pemerintah DKI Jakarta akan merevitalisasi total kawasan Kota Tua, yang mencakup 384 hektare di Sunda K...

BaruDengar.blogspot.com - Jakarta,Pemerintah DKI Jakarta akan merevitalisasi total kawasan Kota Tua, yang mencakup 384 hektare di Sunda Kelapa-Pinangsia dan 134 hektare di sekitar Museum Fatahillah. Penataan ini tidak hanya sekadar menghidupkan kembali sektor wisata di kawasan tersebut.
"Kami akan fungsikan kembali dari fisik hingga sosial," kata arsitek asal Intitut Teknik Bandung, Woerjantari Soedarsono, ketika dihubungi pada Jumat, 8 November 2013. Penataan fisik paling dasar seperti membenahi bangunan di kawasan tersebut.
Kemudian, Ari, begitu ia biasa disapa, mengatakan pembenahan transportasi serta arus lalu lintas di kawasan tersebut pun mulai dirancang. "Misalnya, bagaimana rute angkutan kota yang lewat di sana."
Selain itu, Ari pun akan menyusun rancangan agar kali-kali yang melewati Kota Tua bisa dimanfaatkan sebagai sarana wisata dan pengolahan air limbah menjadi air bersih. Alasannya, kawasan tersebut dilalui kali yang strategis, sehingga sayang jika dilewatkan potensinya. (Baca : Libur, Kawasan Kota Tua Dipadati Pengunjung)
Ari melihat kelemahan Kota Tua adalah jarang kegiatan yang terstruktur pada malam hari. Kegiatan semacam pentas seni atau pameran lebih sering dilaksanakan pada siang hari. Jika malam tiba, kawasan ini menjadi sepi atau malah dimanfaatkan untuk aktivitas yang cenderung negatif. "Makanya, dulu ada usul Intitute Kesenian Jakarta kuliah di sana biar ramai," ujarnya.
Permasalahan yang sulit adalah pemberdayaan warga sekitar. Jika mengarahkan Kota Tua sebagai tempat wisata yang memiliki ciri khas, Pemerintah Provinsi DKI mesti menggandeng warga di sana.
Permasalahannya, untuk mengajak warga sadar akan memakan waktu lama. Makanya, untuk menata kawasan ini tidak cukup hanya dua tahun tapi sampai 20 tahun.
inspirasi 1262639483299473097

Posting Komentar Disqus Comments

Beranda item